Beranda / Potensi Desa / Tas Desa Banyuurip, Produk Dalam Negeri yang Berkualitas
Tas Desa Banyuurip, Produk Dalam Negeri yang Berkualitas
Senin 5 Juni 2017

Banyuurip – Pemerintah melalui berbagai program berusaha memacu penggunaan dan produksi produk buatan dalam negeri dengan meningkatkan kualitas produk agar mampu bersaing dan mengurangi angka impor.

Salah satunya pelaku usaha mikiro kecil dan menengah yang memiliki produk berkualitas ekspor adalah Jumali. Jumali  pembuat tas dari Desa Banyuurip, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali telah menjalankan usahanya sejak tahun 2011. Jumali hingga saat ini berjuang untuk terus memperbaiki kualitas produksinya agar pemasarannya bukan hanya di wilayah lokal, melainkan dapat merambah ke nasional.

Lelaki empat puluh  tahun ini awalnya hanyalah seorang karyawan pabrik tas dari kota ke kota. Selama kurang lebih lima tahun menjalani pekerjaannya, Jumali memutuskan untuk belajar membuat tas sendiri dan mulai memperjualkannya dalam partai kecil. Seiring menurunnya stamina karena usia, Jumali memutuskan untuk mundur dari pekerjaan pabrik yang berat dan memulai usaha sendiri di rumah.

Tas buatan Jumali memiliki kualitas terbaik terutama kualitas jahitannya. Jumali sejauh ini belum pernah menerima keluhan tentang jahitan yang mudah robek atau rusak.

Dalam kurun waktu satu minggu, industri mikro yang diberi nama Adi Tama Colection ini mampu membuat empat puluh tas ukuran besar dan seratus tas ukuran kecil. Produk yang dihasilkan meliputitas ransel untuk ukuran anak sekolah, tas ransel untuk ukuran pekerja kantor, tas selempang, tas tangan, dan aneka bentuk yang menyesuaikan permintaan pemesan. Jumali tidak hanya menghasilkan tas besar melainkan juga tas kecil seperti meliputi dompet, wadah stopmap, tas 3D, tas cangklung.

Bahan-bahan utama pembuatan tas juga bermacam-macam, mulai dari dari kulit imitasi  hingga D600 dan D300 yang memiliki bahan tipis namun kuat. Jumali menjual setiap produk mulai dari lima ribu hingga seratusan ribu rupiah tergantung pada besar ukuran dan bahan. Setiap minggu Jumali mampu meraup omzet hingga dua setengah juta rupiah.

Persaingan yang ketat membuat Jumali harus ulet dan pandai mencari pasar untuk tasnya. Jumali sangat berharap para produsen tas di desa tersebut bersatu membentuk suatu paguyuban yang mewadahi usaha rumahan ini.

Sayangnya kenyataannya tidak sesuai yang diharapkan. Ditambah lagi, kesulitan modal dan bahan baku menjadi kendala yang juga sering dihadapi. Jumali berharap perhatian pemerintah desa sangat diharapkan untuk membantu permasalahan tersebut. Bagi Anda yang berminat untuk memesan tas berkualitas tinggi produksi Adi Tama Colection, Anda dapat menghubungi nomor 081390236084.

Potensi Desa LAINNYA
Kolam Pemancingan Desa Banyuurip
Senin 25 September 2017
Wanita Perkasa Banyuurip
Senin 5 Juni 2017